Bendung Tirtonadi by YD2HIS - Indonesian Parks On The Air | IPOTA





Bendung Tirtonadi (Taman Bendung Tirtonadi) by YD2HIS

Author: YD2HIS
Callsign Used: YD2HIS
Park: Bendung Tirtonadi
Checkpoint: Taman Bendung Tirtonadi
Altitude: 92
Date: 2022-10-23 - 9.00
QSO Count: 41
QRP: ✗
Add new comment

Nama bendungan ini mungkin sangat familiar di pendengaran kita, seperti nama terminal bus di Kota Solo, atau seperti judul lagu dari Sang Juru Bicara Kesedihan, The Godfather of Broken Heart, alm. Mas Didi Kempot. Mungkin karena lokasinya yang bersebelahan dengan Terminal Tirtonadi, jadi akan lebih mudah bagi kita mengingatnya sehingga bendungan ini diberi nama dengan nama yang sama, Tirtonadi.
Sebagai gambaran lokasinya, apabila Anda turun di Terminal Tirtonadi maka berjalanlah keluar pintu utara, kemudian menyeberangi Jalan Ahmad Yani. Sebelum benar-benar lelah, Anda sudah sampai di lokasi Bendung Tirtonadi.
Bendungan yang berada di Solo bagian utara ini dibangun pada pertemuan Kali Gajah Putih dan Kali Pepe. Bendung Tirtonadi dibangun dengan konsep yang cukup menarik, selain menggunakan sistem "bendung karet" yang jarang ditemui di bendungan lain, tepat di atas bangunan ini juga dibangun jembatan. Bukan hanya jembatan biasa, material jembatan ini hampir sebagian besar menggunakan kaca, baik di lantai maupun di kanan dan kiri pembatasnya. Desain atap jembatan juga dibuat cukup estetis dengan warna dominan biru.
Setelah diresmikan pada tahun 2019, tempat ini menjelma menjadi pusat keramaian baru di Kota Solo. Setiap pagi dan sore hari selalu dipenuhi dengan warga Solo dengan beragam aktivitasnya. Karena tempat ini cukup indah, tentu sebagian besar di antara mereka adalah orang yang ingin mengabadikan momen dengan mengambil gambar dan swafoto. Sebagian lainnya berolahraga ringan atau duduk-duduk menghabiskan waktu sambil melihat indahnya pagi dan senja hari. Namun, hal yang akan paling sering Anda temui adalah keberadaan para pemancing. Di setiap sudut tempat ini Anda akan menemui para pemancing dengan segala atributnya, dari yang terlihat sekedar mengisi waktu atau yang memang benar-benar hobi (dilihat dari peralatan pancingnya).
Bendungan ini mulai dibangun pada tahun 2016, dengan skema pembangunan multi years, lalu selesai dibangun pada akhir tahun 2018 dan diresmikan pada tahun 2019. Pembangunan Bendung Tirtonadi ini dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo/SNVT PJSA (Satuan Kerjan Non Vertikal Pelaksanaan Jaringan Sumber Air).
(https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-surakarta/baca-artikel/13077/Bendung-Tirtonadi-Wajah-Baru-Kota-Solo.html)

Rating :

Total Vote : 0

Rate :


Hunter Reports :

Hunter Country
YB7NY Indonesia
YD0ASW Indonesia
YB7JZ Indonesia
YG9EPJ Indonesia
YG9DFZ Indonesia
more

Add New Comment



User Menu



Unregistered Users

ID Uploader Unregistered Action
1725 YB4FZK YC6SHK Remove
1724 YB4FZK YB1AGB Remove
1723 YB4FZK YC9IFH Remove
1722 YC4FET YF4IBV Remove
1721 YC4FET YD9WVR Remove
1720 YC4FET YD4JMC Remove
1719 YD4GOG YB4MMX Remove
1718 YD4GOG YB1BUR Remove
1717 YB7NY YB7CY Remove
1716 YB7NY YB3PJW Remove
more

Who's Online?

0 users active today

Who's Commenting?


New Parks

Checkpoint Park Code Country Actions
Guesthouse Bupati PPU Ibukota Negara Nusantara YB/KI-P052 Indonesia Activate!
Gazebo Taman Sekumpul YB/KS-P051 Indonesia Activate!
Gazebo Taman Harapan YB/KS-P050 Indonesia Activate!
Taman Wisata Cipacet YB/JB-P049 Indonesia Activate!
Taman Ruang Terbuka Hijau Rantau YB/KS-P048 Indonesia Activate!

Statistics


Flag Counter

Join Us On